Bahaya Akibat Menggunakan Tindik Lidah

Kehidupan manusia terus berkembang dari masa-kemasa. Perkembangan manusia dianggap kurang bila tanpa disertai perkembangan gaya. Berbagai cara dilakukan untuk memenuhi kebutuhan akan gaya, entah bagi orang lain hal itu termasuk gaya hidup buruk. Dan kini Tren melubangi bagian tubuh atau tindik (piercing) sudah banyak diadopsi oleh sebagian masyarakat. Mulai telinga, hidung, bibir, hingga bagian tubuh lainnya. 

Bahaya akibat menggunakan tindik lidah | Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar bahaya akibat menggunakan tindik lidah.

tindik-lidahAlasan untuk tampil beda, mencari jati diri, gaya hidup dan fashion menjadi alasan kebanyakan orang melakukan tindik. Menindik bagian tubuh tertentu merupakan hal yang sudah dikenal sejak berabad-abad lalu.

Dari budaya di Mesir kuno,  ritual suku Aztec sampai suku Asmat di Papua melakukan tindik tubuh untuk tujuan dan alasan tertentu. Pada zaman modern seperti sekarang ini bagian tubuh yang sering ditindik adalah telinga, alis, hidung, lidah, bibir, puting payudara, dan area genital (kemaluan).

Ketahuilah, tindakan menindik area yang dimaksud pada prinsipnya memiliki risiko. Bahaya dari menindik disembarang tempat berisiko akan terjadinya infeksi kronis, alergi, perdarahan, abses, tetanus, hepatitis B, hepattitis C, HIV, cacat kulit permanen.

American Academy of Dermatologi (ADD) menekankan bahwa tindik hanya boleh dilakukan pada cuping telinga, begitu pula American Dental  Association (ADA) yang menentang tindik pada area mulut dan lidah, hal ini disebabkan berbagai macam komplikasi dan infeksi yang dapat ditimbulkan. Infeksi yang rentan terjadi dikarenakan rongga mulut merupakan bagian tubuh yang kotor.

Tindik pada lidah merupakan pemakaian material logam berbentuk barbel yang ditanamkan tembus dari bagian atas lidah sampai bawah, dan kurang lebih 1/3 dari ujung lidah. Bahannya terbuat dari stainless steel, perak, gold-plated, surgical stainless steel dan bahan plastik berwarna. (Dikutip dari www.klikdokter.com)

Bahaya Tindik Lidah Yang Perlu Di Ketahui

Tindik lidah banyak dilakukan oleh anak muda jaman sekarang terutama wanita. Oraang-orang melakukannya karena berpikir akan trend nya. Namun saat melakukannya, pernahkah orang-orang tersebut berpikir akan bahaya atau dampak yang dapat terjadi setelah melakukan tindik lidah? Berikut bahaya menggunakan tindik lidah:

1. Infeksi lidah (lokal)

Melakukan tindik lidah memiliki dampak rawan terjadinya infeksi. Dengan melukai lidah, maka dengan mudah pula bakteri menginfeksi lidah. Sehingga terjadi radang dan infeksi lidah.

2. Infeksi pada organ lain

Infeksi yang terjadi pada lidah dapat memberikan dampak yang besar. Bakteri yang menginfeksi akan masuk ke aliran darah dan terbawa ke organ lain sehinggan menginfeksi organ tersebut. Contoh infeksi yang dapat terjadi adalah bakteri telah bermigrasi ke otak dan ke jantung. Hal ini dapat menyebabkan kematian.

3. Angina ludwig

Ini adalah suatu penyakit akibat infeksi bakteri yang menyerang bagian dasar mulut. Akibat infeksi ini, menyebabkan terjadinya pembengkakan yang semakin membesar sehinggan membuat saluran napas menyempit.

4. Ranula

Ranula adalah penyakit yang diakibatkan tersumbatnya saluran kelenjar ludah. Sebenarnya ada banyak kelenjar ludah pada manusia, salah satu kelenjar berada di bawah lidah. Asesoris yang terpasang saat tindik lidah dapat mengenai jaringan bawah lidah. Gesekan yang berulang menyebabkan terjadinya radang. Radang inilah yang kemudian dapat menyebabkan tersumbatnya saluran kelenjar ludah. Akibatnya akan terbentuk kantung seperti balon berisi air di bawah lidah. Hal ini menyebabkan lidah menjadi terangkat dan dapat menutup jalan napas.

5. Alergi

Orang yang memiliki riwayat alergi perlu berhati-hati melakukan tindik lidah. Tidak sedikit orang memiliki riwayat alergi termasuk alergi logam. Orang yang memiliki riwayat alergi tersebut saat melakukan tindik akan mengalami gejala alergi dapat secara perlahan-lahan atau tiba-tiba. Alergi biasanya dimulai dengan kemerahan, bengkak dan gatal disekitar bahan alergi, sesak napas dan dapat menyebabkan kematian.

6. Lidah kaku

Sesaat anda melakukan tindik lidah anda akan merasakan lidah anda terasa aneh. Lidah akan terasa kaku, sehingga sulit menelan dan berbicara.

7. Perdarahan

Prosedur tindik lidah adalah dengan cara menusukkan jarum menembus lidah. Prosedur ini tentu akan memberikan luka dan merusak jaringan. Perdarahan hebat dapat terjadi jika mengenai pembuluh darah dengan ukuran besar. Selain itu, risiko perdarahan dapat terjadi pada orang-orang dengan riwayat gangguan pembekuan darah (gejala hemofilia).

8. Sarang bakteri

Mulut adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki banyak bakteri dan mudah berkembang. Oleh karenanya tiap orang dianjurkan menjaga kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan menggunakan obat kumur. Ketika melakukan tindik lidah, maka secara tidak langsung anda juga telah membuat ruang atau celah baru untuk menjadi tempat berkumpul dan bersembunyinya bakteri.

9. Merusak gusi dan menghambat perkembangan gigi

Tindik yang terpasang pada lidah, akan terus berpindah/bergerak sesuai dengan gerakan lidah. Hal tersebut dapat membuat bahan tindik mengenai gusi dan membuat radang pada gusi. Gusi yang radang kemudian dapat terjadi infeksi dan dapat mengganggu perkembangan gigi.

10. Merusak gigi

Selain mengenai gusi, tindik juga dapat secara langsung mengenai gigi. Hal tersebut menimbulkan goresan pada gigi. Kejadian berulang dapat merusak susunan lapisan gigi.

Baca juga | Langkah Mudah Untuk Memutihkan Ketiak

Bahaya Akibat Menggunakan Tindik Lidah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s