Makanan Yang Nutrisinya Melebihi Multivitamin

Inilah Beberapa Makanan Yang Nutrisinya Melebihi Multivitamin

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini, kami dari pihak alfian herbal akan memberikan informasi kesehatan seputar “makanan yang nutrisinya melebihi multivitamin“.

Mungkin anda pernah berpikir bahwa untuk mendapatkan nutrisi yang tepat akan lebih mudah jika Anda minum 1 butir multivitamin tiap harinya. Namun, perlu diketahui bahwa multivitamin tidak dapat menggantikan seluruh nutrisi yang terkandung di dalam makanan. Selain itu, multivitamin juga bisa menjadi penyebab diet yang tidak sehat. Oleh karenanya, mengkonsumsi buah dan sayur jauh lebih disarankan dibandingkan rutin mengkonsumsi multivitamin.

Berbagai jenis vitamin seperti Vitamin A, B, C, D, E dan K memang memiliki manfaat tak terhitung yang berperan penting terhadap berjalannya fungsi tubuh secara normal. Tanpa vitamin, sistem imun tidak dapat melawan flu, luka tidak akan mengering, tulang akan retak, mata tidak akan berfungsi dengan baik, tubuh tidak akan dapat mencerna makanan secara optimal, dan banyak fungsi penting lainnya.

Vitamin dibedakan menjadi dua berdasarkan bagaimana ia dapat diserap oleh tubuh, yaitu vitamin yang larut dalam air dan larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air (Vitamin B dan Vitamin C) bersirkulasi dalam darah dan cairan tubuh, serta tidak disimpan. Vitamin tersebut keluar dari tubuh lewat urin, sehingga ia harus selalu digantikan melalui makanan yang kita makan.

Sedangkan Vitamin yang larut dalam lemak (Vitamin A, D, E dan K) membutuhkan lemak makanan yang optimal menyerap dan nantinya disimpan dalam berbagai macam jaringan tubuh. Mendapatkan nutrisi dari makanan lebih baik daripada mendapatkannya dari multivitamin. Dalam beberapa kasus, satu porsi makanan dapat memenuhi lebih dari 100% nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Berikut makanan sehat yang mengandung jumlah nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan multivitamin:

makanan yang nutrisinya melebihi multivitaminMendapatkan nutrisi langsung dari makanan lebih baik daripada mengonsumsi suplemen. Namun demikian, ada beberapa jenis makanan yang lebih bergizi daripada yang lain. Dalam beberapa kasus, satu porsi makanan dapat memenuhi lebih dari 100 persen kebutuhan harian kita untuk satu atau lebih zat gizi. Berikut ini ada delapan jenis makanan yang mengandung jumlah tinggi nutrisi dan mengalahkan multivitamin.

-Kale

Kadang disebut juga dengan nama kailan. Satu keluarga memang, termasuk dengan brokoli. Kale sangat sehat. Saat ini bisa disebut sebagai salah satu makanan paling padat nutrisi di planet bumi dan sangat tinggi kandungan vitamin K1. Vitamin K1 penting untuk proses pembekuan darah dan mungkin memainkan peran dalam kesehatan tulang.

Satu cangkir, atau 67 gram, kale segar mengandung nutrisi berikut dalam jumlah yang sangat tinggi. Vitamin K1 900% dari RDI, vitamin C: 134% dari RDI, dan tembaga: 111% dari RDI. Kale juga tinggi serat, mangan, vitamin B6, kalium dan zat besi. Satu   porsi tunggal kale segar menyediakan lebih dari 100% dari nutrisi ini. RDI atau Recommended Daily Intake adalah asupan harian yang direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hadian individu hingga 97-98 %.

-Kubis

Sayuran kubis sangat kaya nutrisi, lebih baik daripada suplemen multivitamin. Kubis adalah salah satu makan yang paling sehat di dunia karena mengandung nutrisi padat dan Vitamin K yang tinggi. Vitamin K1 sangat penting dalam prosess pembekuan darah dan bermanfaat untuk kesehatan tulang. Dalam 67 gram kubis mengandung jumlah nutrisi yang sangat tinggi, seperti: 900% Vitamin K, 134% Vitamin C, dan 111% tembaga. Selain itu, kubis juga banyak mengandung serat, mangan, Vitamin B6, potassium, dan zat besi.

-Rumput Laut

Kekurangan yodium merupakan salah satu masalah kekurangan gizi yang paling umum yang mempengaruhi hampir sepertiga dari populasi dunia. Kekurangan yodium menyebabkan masalah tiroid pada orang dewasa. Selain itu, kekurangan yodium pada masa kehamilan dapat meningkatkan risiko keterbelakangan mental dan kelainan dalam perkembangan anak yang belum lahir.

Rumput laut sangat kaya akan yodium. Asupan harian yang direkomendasikan adalah 150 mg/hari. Namun, perlu diketahui berbagai jenis rumput laut memiliki kandungan yodium yang berbeda-beda. Jenis rumput laut, Kelp misalnya, hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah yang direkomendasikan yaitu 1100 mg/hari karena apabila dikonsumsi berlebihan justru dapat memberi efek yang merugikan bagi kesehatan.

-Hati

Hati adalah bagian paling sehat dari hewan karena mengandung banyak nutrisi penting, antara lain Vitamin B12, Vitamin A, zat besi, asam folat, dan tembaga. Vitamin B12 sangat penting bagi perkembangan sel-sel otak dan kesehatan sistem syaraf. Konsumsi hati tidak lebih dari 2 kali seminggu karena apabila berlebihan dapat terjadi penumpukan gizi.

-Kacang Brazil

Kacang Brazil adalah kacang dengan biji besar yang tumbuh di hutan hujan tropis di Amerika Selatan. Kacang Brazil kaya akan berbagai nutrisi penting seperti serat, magnesium, fosfor, dan selenium.

Selenium diperlukan oleh tiroid dan fungi sistem imun serta sebagai antioksidan. Asupan selenium yang diperlukan dalam sehari adalah 50-70 mg atau setara dengan 1 biji kacang Brazil. Setiap biji mengandung sekitar 95 mg selenium. Serta, toleransi jumlah selenium adalah 3-400 mg untuk orang dewasa. Jadi pastikan untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

-Kerang-kerangan

Kerang-kerangan seperti kerang dan tiram mengandung lebih banyak nutrisi di banding jenis makanan laut yang lain. Kerang mengandung Vitamin B, potassium, selenium dan zat besi. Tiram merupakan jenis kerang-kerangan yang mengandung seng dan Vitamin B12. Kerang-kerangan sangat baik bagi mereka yang lanjut usia, karena kemampuan untuk menyerap Vitamin B12 dalam sistem pencernaan mengalami penurunan karena usia.

-Ikan Sarden

Sarden adalah ikan yang kecil, berminyak, tapi kaya akan nutrisi. Meskipun kebanyakan sarden disajikan dalam kaleng, ikan sarden juga dapat dipanggang, diasap, maupun diasinkan. Sarden kaya akan EPA dan DHA, asam lemak Omega-3 yang diketahui dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, sarden juga mengandung selenium dan kalsium.

-Paprika Kuning

Paprika kuning merupakan salah satu sumber Vitamin C yang paling baik. Vitamin C sangat penting bagi tubuh, karena bila anda kekurangan vitamin ini dapat mengakibatkan kelelahan, nyeri otot, dan ruam pada kulit. Memenuhi asupan Vitamin C dapat meningkatkan fungsi imun, mengurangi risiko kerusakan DNA, dan mengurangi risiko berbagai macam penyakit kronis. Sebagai perbandingan, paprika kuning mengandung Vitamin C tiga kali lebih banyak dibandingkan dengan jeruk.

Terimakasih atas kunjungannya. Baca juga : Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Buah Mangga

Terus kunjungi situs https://obatradangsenditulangkakidantangan.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Makanan Yang Nutrisinya Melebihi Multivitamin

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s